Rabu, 22 Desember 2010

Perbedaan antara Windows mobile , Symbian , Blackberry , iphone , dan android

  • Windows Mobile : Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan pada smartphone. Windows mobile dilengkapi dengan Stylus Pen yang berguna untuk memasukkan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.
  • Symbian : Operating system ini rata-rata di gunakan oleh ponsel Nokia Nseries. Sama seperti OS lain, Symbianpun melakukan operasi secara multitasking. Yang harus dipahami, symbian digunakan untuk peralatan mobile saja. Symbian OS memiliki 4 kategori dalam klasifikasi API, yaitu, Symbian Umum, Symbian Umum Tergantikan, Symbian Opsional, dan Symbian Opsional Tergantikan.
  • Blackberry : Blackberry menurut saya sudah seperti komputer yang berukuran mini, yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Blackberry memiliki lampiran file berupa Microsoft Office dan PDF yang dengan mudah dapat dibuka. E-mail pun sudah mengalami prose kompresi dan scan pada server blackberry, sehingga aman dari virus dan tanpa mengurangi isi e-mail atau file tersebut. Kelebihan lain adalah, blackberry mampu menampung beribu-ribu e-mail tanpa resiko hang, asalkan masih ada memory yang tersisa. Blacberry memiliki sistem operasi multitasking.
  • Iphone : Ponsel revolusioner ini memiliki fungsi yang sama dengan ponsel-ponsel lain, seperti kamera, pemutar multimedia, SMS, dan lain-lain. Selain itu, ponsel ini memiliki software untuk menguploud foto. Iphone OS merupakan versi ringan dari MacOS.
  • Android : Operating system untuk ponsel ini berbasis Linux. Fitur-fitur yang ada pada android antara lain adalah SQLite untuk menyimpan data, GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, WiFi, dan lain-lain. Android merupakan software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara open source.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar