Sabtu, 25 Desember 2010

Perbandingan antara topologi jaringan Bus , Ring , Star , dan Mesh !!!!!

Topologi Bus : Topologi ini merupakan topologi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, karena dibandingkan dengan jenis topologi yang lain, jenis topologi ini merupakan topologi yang sangat sederhana. Kelebihan dari topologi ini antara lain adalah  menggunakan hanya satu kabel saja, lalu tidak memerlukan piranti tambahan, dan hemat biaya. Namun topologi inipun memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah apabila terdapat masalah kabel dalam satu komputer saja, maka akan mengakibatkan komputer lain mati, karena topologi bus ini menggunakan satu kabel. Selain itu, topologi ini pembuatannya agak rumit.

Topologi Ring : Topologi ring atau topologi cincin ini merupakan topologi dimana jaringannya terhubung dengan membentuk suatu lingkaran. Sama seperti topologi bus, topologi ringpun apabila salah satu titik data ada yang terganggu, maka akan mengganggu data yang lain. Dalam topologi ini ada beberapa kelebihannya, diantaranya yaitu collision dapat dihindarkan karena data mengalir dari satu arah, aliran datanya mengalir lebih cepat, waktu yang digunakannyapun lebih optimal, biayanya lebih murah, semua komputer yang terhubung statusnya adalah sama, dan pembuatan topologi inipun mudah. Kekurangan dari topologi ini adalah seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas, apabila salah satu titik data ada yang terganggu, maka akan mengganggu data yang lain, lambat, dan pengembangan jaringannya lebih kaku.

Topologi Star : Dalam topologi star, semua kabel dari komputer harus dihubungkan pada hub. Topologi ini digunakan pada jaringan yang padat, oleh karena itu, topologi ini lebih banyak menggunakan kabel dibandingkan dengan jaringan bus. Keuntungan menggunakan topologi star adalah apabila kita ingin menambahkan komputer pada jaringan bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu jaringan komputer yang sedang berlangsung karena hanya tinggal menambahkan kabel saja pada komputer tersebut, lalu apabila salah satu komputer ada yang bermasalah tidak akan berpengaruh pada komputer lain, dan topologi ini fleksibel karena pemasangan kabelnya mudah. Kekurangan dalam topologi ini adalah sangat boros kabel, lalu karena kontrol operasinya pada hub maka apabila hub mengalami gangguan seluruh jaringan komputernyapun akan gagal beroperasi.

Topologi Mesh : Topologi Mesh merupakan topologi yang perangkatnya langsung berhubungan dengan perangkat lain. Oleh karena itu, dalam topologi ini perangkatnya bisa terhubung langsung dengan perangkat yang di tuju. Kelebihan penggunaan topologi ini adalah apabila hubungan jaringan pada komputer A dan B memiliki gangguan tidak akan mempengaruhi hubungan jaringan pada komputer A, dan sifat tersebut dinamakan dengan Robust, selain itu topologi mesh lebih terjamin keamanannya. Kekurangan dalam topologi ini yaitu membutuhkan banyak kabel dan I/O port, memakan biaya yang mahal, instalasi dan konfigurasinya sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar